07.45

Info PPD SMP 2010

SEMARANG - Penerimaan peserta didik (PPD) 2010 rencananya dilaksanakan dalam dua tahap, yakni PPD rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) untuk TK, SD, SMP, serta SMA RSBI, dan PPD reguler untuk sekolah non-RSBI.

Menurut Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan Disdik Kota Semarang, Nana Storada, pelaksanaan PPD TK dan SD RSBI mulai 19-24 April, PPD SMP RSBI mulai 19-21 April, sedangkan PPD SMA RSBI dijadwalkan mulai 21-28 April . Kalau untuk PPD reguler serentak mulai 27-29 Juni.

”PPD RSBI memang dilaksanakan lebih awal dibanding PPD reguler. PPD RSBI diikuti SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMPN 2, SMPN 5, dan SMPN 21, serta TK dan SDN Bertaraf Internasional,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan PPD tahun ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota menggandeng PT Telkom untuk menangani pelaksanaan penerimaan peserta didik (PPD) 2010, yang akan dilakukan secara online. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Telkom telah ditandantangani Februari lalu yang diwakili oleh Divre IV Jawa Tengah-DIY.

Sistem online, menurut Nana, memudahkan siswa dalam mendaftar. Sebab pendaftar tidak perlu datang ke sekolah yang bersangkutan saat mendaftar, namun cukup mendaftar melalui situs yang ditentukan.

”Pada pendaftaran tahap awal para siswa tidak perlu repot datang ke sekolah, namun setelah itu mereka tetap harus datang ke sekolah untuk menyerahkan dan mencocokkan berkas yang disyaratkan,” jelas Nana.


Antisipasi Kendala

Meski pada pelaksanaan PPD online tahun lalu Disdik sempat menemui berbagai hambatan teknis, tahun ini kendala tersebut akan diantisipasi. Selasa (6/4) lalu, Disdik telah bertemu seluruh kepala sekolah untuk mensosialisasikan pelaksanaan PPD 2010, termasuk terkait daya tampung, data kemiskinan, dan data lingkungan sekolah.

”Kami juga memberikan bimbingan teknis untuk teknisi perwakilan seluruh sekolah RSBI agar mereka siap menangani hal-hal teknis dalam pelaksanaan PPD,” katanya

Sementara itu, Delrizki dari tim Siap Online PT Telkom mengatakan, pihaknya telah menangani PPD online di 12 kota pada 2009 lalu seperti DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Bengkulu. Sementara untuk Kota Semarang baru bergabung pada PPD tahun ini.

”Kami menyiapkan program Siap Online untuk menangani pelaksanaan PPD tersebut, termasuk menyiapkan situs dengan kapasitas cukup untuk menampung para pendaftar secara online,” katanya.
Berdasarkan pengalaman menangani pelaksanaan PPD di 12 kota, dia mengaku hanya menemui kendala bersifat nonteknis, misalnya ketidaktahuan masyarakat terkait proses pendaftaran secara online.

PT Telkom juga telah menyiapkan situs pendaftaran PPD 2010 Kota Semarang dengan alamat www.semarangsiap-psb.com yang juga terhubung dengan situs Disdik Semarang. Situs tersebut baru akan aktif pada 19 April.(J8-18).
Written by disdiksmg
Monday, 12 April 2010


sumber: http://disdik-kotasmg.org

0 komentar: